Tips mencegah infertilitas pada pria

0
78
Tips mencegah infertilitas pada pria

“Mencegah lebih daripada mengobati”. Slogan ini tentu sudah tidak asing bagi kita. Namun, permasalahannya apakah slogan tersebut sudah berhasil mengubah pikiran banyak orang tentang pentingnya mencegah? Jawabannya bisa anda lihat di rumah sakit. Bahkan dari luar saja anda sudah bisa menebak jika slogan tersebut tidak secara sempurna mengubah cara berpikir tentang mencegah.

Hal ini tak terkecuali pada kasus infertilitas di indonesia, terutama bagi kaum adam. Jangan lupa, jika kasus infertilitas 50% diantaranya disebabkan oleh pria. Langkah anda untuk berkonsultasi kepada dokter memang solusi yang baik. Diagnosis infertilitas pria juga bisa dilakukan dengan segera. Namun, apa salahnya jika melakukan pencegahan terlebih dahulu sebelum terjadi infertilitas.

Tips alami mencegah infertilitas pria

  1. Hindari narkoba

Sudah menjadi rahasia umum jika narkoba merupakan barang yang memiliki bahaya terselubung. Alih-alih sebagai obat, narkoba justru banyak yang diselewangkan penggunaanya. Dengan menghindari narkoba, maka anda memiliki peluang besar untuk bebas dari infertilitas.

  • Hindari rokok

Peringatan tersebut sudah tertulis dengan jelas di bungkusnya. Ingatlah bahwa disitu tertulis rokok menyebabkan banyak penyakit, salah satunya impotensi. Jika anda terbebas dari rokok, maka ada jaminan jika anda memiliki sperma yang baik.

  • Hindari celana yang terlalu ketat

Menggunakan celana yang ketat akan membuat udara di sekitar kemaluan menjadi lebih lembab dan panas. Kondisi ini dapat menurunkan produktivitas sperma.

  • Jangan terlalu lama berendam dengan air panas

Seperti yang telah disebutkan,  bahwa kualitas sperma akan menurun jika terlalu sering terpapar panas.

  • Kuaci labu

Selain pola hidup, anda juga perlu mengonsumsi beberapa makanan untuk membantu meningkatkan kesuburan. Salah satunya kuaci labu. kuaci labu mengandung asam lemak esensial dan seng, sehingga bisa meningkatkan fungsi pada sistem reproduksi.

  • Kopi

Banyak yang tidak mengetahui jika kopi juga dapat meningkatkan kesuburan, terutama pada pria. Kopi diketahui dapat meningkatkan motilitas sperma.

  • Bawang putih

Selain sebagai bumbu masak, bawang putih juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda hanya perlu mengonsumsi 3-4 siung bawang setiap hari.

Memanglah, slogan “mencegah lebih baik daripada mengobati” sangat berguna, jika benar-benar dilaksanakan. Namun, jika memang dirasa ada gejala-gejala gangguan pada sistem reproduksi, segera periksakan dan konsultasikan kepada dokter untuk mendapatakan tindakan yang terbaik. Anda bisa mencoba salah satu klinik terpercaya yaitu, klinik Bocah Indonesia.

Disana anda akan mendapatkan pelayanan fertilitas yang optimal. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menuju kliniknya atau juga bisa mengakses websitenya di https://bocahindonesia.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here