7 Manfaat Wakaf yang Harus Kamu Tahu

0
229
manfaat wakaf

Bagi orang dermawan, zakat saja tidak cukup. Islam memberikan kesempatan lebih bagi umat Muslim untuk bersedekah dan memberikan wakaf untuk menebarkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Wakaf dalam Islam merupakan bentuk tindakan kedermawanan yang memberikan hartanya untuk dikelola dengan cara produktif agar menghasilkan manfaat dan digunakan untuk kesejahteraan banyak orang.

Tidak sekadar menambah pahala kebaikan, tetapi dengan sedekah dan berwakaf ada berapa manfaat dan keutamaan, apalagi orang yang membutuhkan dan merasakan dampaknya secara langsung.

Manfaat wakaf

Berikut beberapa manfaat dari harta wakaf, tidak hanya bagi wakif (yang mewakafkan) begitupun bagi masyarakat. Antara lain:

  • Menumbuhkan jiwa sosial yang lebih tinggi

Biasanya, seorang yang sering berwakaf memiliki kepekaan sosial yang lebih tinggi dibanding orang yang hanya menyimpan hartanya untuk diri sendiri.

Memberi juga membuat kamu akan merasa bahagia. Kamu akan merasa senang dan ada kepuasan tersendiri setelah mengeluarkan uang untuk digunakan oleh orang lain, dibanding memakai uang untuk diri sendiri.

  • Pahala yang Terus Menerus Mengalir

Hal yang perlu kamu ketahui adalah harta yang diwakafkan akan terus memberikan pahala bagi wakif, selama harta tersebut masih dimanfaatkan oleh masyarakat. Meskipun wakif sudah meninggal dunia.

Bagi orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT diumpamakan seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Setiap bulir berisi seratus biji. Allah SWT menjanjikan akan melipat gandakan kebaikan yang dilakukan oleh siapa saja.

  • Semua Harta Benda Sifatnya Tidak kekal

Bagi kamu yang mewakafkan hartanya untuk kepentingan banyak orang, itu akan menyadarkan kamu bahwa semua harta yang kamu miliki tidak bersifat kekal. Segala yang kekal hanyalah amalan yang kita lakukan untuk memanfaatkan harta yang dimiliki tersebut. Apalagi berwakaf yang dihitung sebagai sedekah jariyah sehingga pahalanya akan terus menerus mengalir meskipun wakif sudah tiada.

  • Membantu Sesama

Sadarkah kamu bahwa dengan berwakaf dan manfaatnya dipergunakan untuk kesejahteraan umat manusia, berarti kamu sudah menolong orang-orang yang sedang kesulitan atau dalam kesusahan bahkan membantu mereka yang tidak memiliki rumah.

  • Mendorong Pembangunan Bidang Keilmuan

Bukan sedikit yang memanfaatkan harta yang diwakafkan untuk mendirikan sarana umum seperti asrama sekolah, pondok pesantren, yayasan pendidikan, sekolah gratis, dan fasilitas sosial bermanfaat lainnya yang mendorong adanya pembangunan di bidang keilmuan.

  •  Memberikan sarana lebih baik untuk masyarakat
manfaat wakaf

Tidak hanya digunakan untuk bidang keilmuan, tetapi harta yang diwakafkan juga bisa untuk mendirikan fasilitas umum yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Bisa untuk membangun masjid, sekolah, rumah sakit, dan sarana sosial lainnya.

  • Menghapuskan kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial memang masalah sosial. Hubungan antara kaya dan miskin biasanya mengalami kesenjangan sosial. Ketika orang yang memiliki harta dan diberikan untuk kepentingan banyak orang, maka orang yang sedang kekurangan akan bisa mendapatkan manfaatnya. Harta wakaf tersebut tersebut bisa membuat hubungan masyarakat jadi lebih harmonis dan kesenjangan sosial pun jadi hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here