Mayora Group Dukung Kampanye Germas, Kenali Lebih Dekat Gerakan Sehat dari Pemerintah Ini

0
61
memeriksa kesehatan secara berkala

Siapa yang tidak kenal dengan produk-produk sereal sehat dan minuman kemasan dari Mayora yang sering kita konsumsi? Seperti air kemasan Le Minerale, misalnya. Mayora pun berkomitmen untuk terus menghadirkan produk sehat bagi masyarakat dengan mandukung pemerintah dalam prgoram kampanye Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Menurut CEO Mayora Andre Atmadja, pola hidup sehat akan meningkatkan produktivitas sumber daya manusia. Melalui Mayora Nutrition, Mayora Group berfokus meningkatkan kesejahteraan dan juga kesehatan masyarakat. Mayora NUtritioon menghadirkan produk sereal dan air mineral yang sehat.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Germas ini, Mayora ikut mengedukasi para konsumennya untuk lebih meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat. Seperti mengkonsumsi sarapan yang bergizi sebelum memulai aktivitas harian yang super padat, menjaga kebersihan lingkungan, rutin konsumsi air putih setiap hari untuk mencukupi asupan tubuh, serta rutin memeriksakan kesehatan.

Hal ini sejalan dengan langkah-langkah pada program Germas yang diusung oleh Kementerian Kesehatan RI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Terutama akibat adanya perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern.

Awal Terbentuknya Program Kampanye Germas

Germas merupakan gerakan yang memiliki tujuan utama untuk membudayakan pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan pola perilaku hidup tidak sehat pada masyarakat. Tidak hanya pola hidup sehat dari segi makanan, tapi juga dibarengi dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Beberapa fokusnya seperti membangun akses untuk pemenuhan kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat, dan membangun lingkungan perumahan yang layak huni. Inilah dasar dari pondasi gerakan Germas.

Masalah kesehatan di Indonesa memang menjadi tantangan yang serius. Setidaknya saat ini, masih ada triple burden alias tiga permasalahan kesehatan yang penting. Yaitu terkait pemberantasan penyakit infeksi, munculnya kembali penyakit yang sudah diatasi, serta bertambahnya kasus penyakit tidak menular.

Gerakan yang diprakarsai oleh Pemerintah Indonesia ini lebih mengedepankan upaya preventif dan promotif. Tentu saja dengan bantuan semua pihak. Tidak hanya sektor kesehatan saja, tapi juga peran serta seluruh lapisan masyarakat dan kementerian maupun lembaga sektor lain.

Langkah-langkah Program Germas

Setidaknya ada tujuh langkah dari program kampanye Germas ini.

1. Melakukan aktivitas fisik

Ini merupakan langkah awal dari Germas. Tubuh yang sehat adalah tubuh yangs ering bergerak. Baik bergerak karena bekerja maupun karena berolahraga. Pola hidup modern yang serba dimudahkan dengan bantuan teknologi dikombinasikan dengan banyaknya pekerjaan di balik layar komputer membuat masyarakat minim sekali bergerak. Inilah bagian dari Germas untuk mengajak masyarakat lebih rajin untuk bergerak secara fisik demi kesehatan.

2. Tidak merokok

Merokok memang memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Itulah mengapa berhenti merokok menjadi bagian dari gerakan hidup sehat. Sebab, tidak hanya merugikan perokok aktif, tapi juga orang-orang di sekitar.

3. Rajin konsumsi buah dan sayur

Pola makan makanan serba praktis dan cepat saji membuat kebiasaan konsumsi sayur dan buah semakin rendah. Padahal keduanya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

4. Memeriksa kesehatan secara berkala

Salah satu tujuan dari Germas yaitu masyarakat yang lebih teredukasi untuk mengelola kesehatan, Caranya adalah dengan mengecek secara rutin kondisi kesehatan.

5. Menghindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga punya efek buruk bagi kesehatan. Tidak hanya itu, bahkan ada juga efek sosial yang akan dirasakan.

6. Menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang sehat adalah hal penting untuk mewujudkan hidup sehat. Menjaga lingkungan rumah dengan cara melakukan pengelolaan sampah dengan baik adalah salah satu caranya.

7. Menggunakan jamban

Terakhir, aspek yang tak kalah penting dalam kampanye Germas ini adalah aspek sanitasi. Salah satunya dengan menggunakan jamban saat BAB. Kotoran yang dibuang di lingkungan akan menimbulkan resiko penyakit menular. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here