Info SehatQ.com Tentang Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasi

0
8
gejala kolesterol tinggi

Kenali tanda saat mengalami kolesterol tinggi pada tubuh untuk menghidari komplikasi. Tubuh sepatutnya membutuhkan peran kolesterol dalam keadaan normal. Hal itu agar tubuh tetap bisa berfungsi secara baik. Namun bagaimana jika kadar kolesterol jahat berlebih dan tinggi? Kondisi ini tentu berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi penyakit berat seperti serangan jantung.

Penyebab tingginya kadar kolesterol adalah pola atau gaya hidup tidak sehat. Seperti kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Faktor terjadinya kolsterol juga terjadi akibat kondisi tubuh yang kelebihan berat badan atau obesitas. Adapula kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bisa jadi salah satu pemicu.

Penyebab lainnya yang juga umum terjadi adalah kurang berolahraga. Memiliki riwayat penyakit berat juga bisa menjadi pemicu terkena kolesterol. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga tak menutup kemungkinan jadi penyebab. Yang terakhir adalah faktor keturunan.

Inilah beberapa gejala yang timbul saat kolesterol tinggi:

1. Mudah Lelah

Kondisi mudah lelah mungkin sangat umum terjadi dan bisa dipicu banyak faktor. Namun ini juga perlu diwaspadai karena bisa menjadi gejala tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Berdasarkan buku yang ditulis oleh Dr. Ayustawati, PhD mengenai gejala kolesterol tinggi yang tidak spesifik. Namun rasa mudah lelah bisa jadi gejalanya.

2. Mudah Mengantuk

Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah kondisi suka mengantuk. Ini bisa terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Mudah mengantuk diartikan bahwa aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang.

3. Nyeri Kaki

Penumpukan plak darah pada bagian kaki juga bisa menyebabkan rasa nyeri di kaki akibat tingginya kolesterolmu. Ini perlu kamu waspadai karena terkadang tak disadari oleh kebanyakan orang.

4. Pegal di bagian Tengkuk

Meski bisa disebabkan banyak penyakit, namun tengkuk yang terasa pegal bisa disebabkan oleh kadar koleterol yang tidak normal. Kondisi ini umumnya dikaitkan dengan penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher. Penumpukan plak akibat kolesterol tersebut maka akan menghalangi aliran darah.

5. Nyeri Dada

Kadar tinggi kolesterol juga berpengaruh mengganggu pembuluh darah di jantung. Saat kadar kolesterol tidak normal kemudia seseorang bisa merasakan nyeri pada bagaian dada. Inilah yang merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung seperti serangan jantung dan semacamnya.

6. Xanthomata

Xanthomata merupakan penumpukan kolesterol yang telihat pada jaringan tubuh, terutama pada kulit dan urat. Biasanya kondisi ini ditandai dengan terjadinya pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan.

7. Xanthelasma

Untuk kondisi yang satu ini yaitu tingginya kadar kolesterol yang menyebabkan timbul bercak kuning pada bawah kelopak mata.

8. Gumpalan di Urat

Bagi sebagian orang yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi karena adanya faktor genetik. Biasanya mereka akan menimbulkan gejala terjadinya penumpukan kolesterol yang terlihat di kulit seperti gumpalan separuh biji kacang pada urat.

Delapan gejala diatas mungkin bisa menjadi informasi untuk kalian mengenai tingginya kadar kolesterol. Namun tahukah bahwa ada yang hal yang perlu diwaspadai. Itu adalah kondisi tanpa gejala atau tidak menimbullkan gejala apapun. Kondisi tersebut bisa saja sewaktu-waktu langsung menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya. Untuk mengetahui baik tidaknya kadar kolesterol pada tubuh, bisa melalui pengecekan darah.

Jagalah kadar kolesterol dalam tubuhmu dengan berbagai cara. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi seperti misalnya membatasi konsumsi makanan belemak, menjadi vegetarian, tidak menggunakan banyak minyak pada makanan, mengonsumsi makanan tinggi serat, rutin mengonsumsi bawang putih, dan teratur berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here